Tempat Wisata Alam Di Jogja Untuk Para Fotografer & Alamat Lengkapnya

Tempat wisata di Jogja terbaru yang paling bagus dan paling menarik akan kami sajikan pada pembahasan kali ini. Khusus pembahasan kali ini adalah Lokasi Tempat Wisata Alam Di Jogja yang pastinya sangat cocok untuk para fotografer untuk mengambil spot foto yang keren. Kami juga sertakan lengkap beserta alamatnya. Agar anda dapat dengan mudah mencari tempat yang anda sukai dari sekian banyak wisata alam jogja berikut ini. Sudah bukan hal aneh lagi jika Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan destinasi wisata favorit para wisatawan selain Bali dan Bandung. Hampir setiap akhir pekan atau liburan, Kota Jogja ini selalu dipadati oleh para traveler mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Alasannya mungkin cukup simpel, Jogja adalah kota yang ramah dan nyaman untuk liburan. Akomodasi seperti hotel dan transportasi pun lengkap. Biaya wisata di Jogja juga relatif murah meriah sehingga terjangkau untuk semua kalangan, dari kelas bawah, menengah hingga atas.

Bisa dikatakan bahwa Jogja merupakan kota wisata yang super lengkap dan menarik. Mulai dari keindahan pegunungan, pantai, alam, kuliner, budaya, edukasi, wahana bermain, sampai kawasan belanja tersedia semua disini. Karena terlalu banyaknya tempat wisata di Jogja dan sekitarnya yang terkenal, Anda harus pandai-pandai memilihnya. Nah, untuk mempermudah membantu Anda, Aneka Wisata Alam Jogja dapat anda jadikan tujuan utama hari libur panjang anda, Mari Simak Ulasannya berikut ini.

1. Puncak Becici

Puncak Becici ini dikenal dengan panormanya yang indah. Kamu bisa melihat deretan pepohonan hijau yang tumbuh rapat-rapat dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tidak hanya itu, jika cuaca sedang cerah kamu akan melihat goresan air yang memanjang lurus, itulah garis pantai selatan. Keelokan lukisan Tuhan ini akan kamu jumpai setelah berjalan kaki sekitar 15 menit.

Perjalanan dari Yogyakarta menuju Puncak Becici terbilang menyenangkan dan memanjakan mata. Jalanan yang halus, semilir angin, deretan pohon yang berdiri dengan rapat mampu membuat siapa saja yang melewatinya tersenyum sumringah. Desiran angin yang menggoyangkan ranting-ranting pohon membuat kaki tak merasa lelah. Rimbunnya hutan pinus inilah yang mengakibatkan kamu tidak merasakan beratnya jalan kaki. Selain itu, kamu juga akan menjumpai kursi-kursi panjang dari kayu yang bisa kamu gunakan beristirahat. Gardu pandang yang dibangun diatas pohon juga menambah nyaman suasana.

Cara menuju ke Puncak Becici :
dari Kota Jogja – Jl. Wonosari – Perempatan Patuk Gunungkidul, belok kanan – mengikuti petunjuk arah ke Dlingo – Hutan Pinus Sudimoro 1 – mengikuti papan petunjuk ke Puncak Becici – Puncak Becici

Retribusi Masuk Puncak Becici :

• Tiket masuk: gratis
  • Parkir motor: Rp 3.000,00
  • Parkir mobil: Rp 10.000,00
  • Parkir bus: Rp 20.000,00
  • Camping: Rp 5.000,00/orang
  • Gardu pandang: Rp 2.000,00/orang

2. Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Kawasan Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu tempat wisata favorite baru warga Jogja dan sekitarnya. Alasannya, karna kawasan ini punya pemandangan indah dan udara yang sejuk. Lokasi Hutan Pinus Mangunan juga tak terlalu jauh dari Kota Jogja. Sekitar satu jam saja berkendara kita sudah bisa sampai ke sana. Aksesnya juga sangat mudah karna lokasinya yang satu arah dengan Imogiri. Kawasan Hutan Pinus Mangunan merupakan dataran tinggi. Dari beberapa spot, kita bisa melihat pemandangan Kota Jogja dari ketinggian. Bahkan beberapa spot juga memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu yang hijau membentang.

Di kawasan Hutan Pinus Mangunan ada beberapa bukit di mana kita bisa melihat pemandangan hijau yang menenangkan mata. Oleh masyarakat yang tinggal di sekitarnya, bukit-bukit tersebut dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata dengan membangun fasilitas-fasilitas sederhana namun sangat berguna. Salah satu bukit tersebut adalah Puncak Becici yang dapat kita akses sekitar 15 menit berkendara dari spot utama di Hutan Pinus Mangunan.

Cara menuju ke hutan pinus mangunan :
dari Kota Jogja – Jl. Imogiri Timur – Imogiri – pertigaan Imogiri belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri – pertigaan belok kanan ke arah Mangunan – pertigaan Mangunan belok kiri ke arah hutan pinus – Hutan Pinus Mangunan

3. Waduk Sermo Yogyakarta

Berada di tengah-tengah perbukitan menoreh, tepatnya di Sermo, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk Sermo yang tenang seolah menjadi taman tirta bagi putri khayangan yang hendak mandi, menyembunyikannya dari mata nakal yang ingin mengintip ritual membersihkan diri para putri. Waduk sermo sebagai satu-satunya waduk yang ada di Jogja laksana oase di tengah perbukitan karst Menoreh yang eksotis. Naik perahu berkeliling tak kalah menyenangkan dengan menikmati senja di tepinya.

Waduk sermo berada diatas Lahan seluas 157 hektar yang dulunya adalah sebuah perkampungan ini kini telah disulap menjadi telaga yang tenang dan menentramkan. Ada dua cara paling menyenangkan untuk menikmati Waduk Sermo. Pertama, dengan menyewa perahu boat untuk menyusuri setiap lekukannya. Sementara yang kedua adalah dengan duduk bersantai di pinggir telaga sambil menanti senja. Sebuah cara sederhana mensyukuri pemberian Sang Pencipta.

4. Pantai Siung Yogyakarta

Selain Pantai Parangtritis yang sudah terkenal, di daerah Gunung Kidul terdapat banyak pantai menarik yang memiliki panorama unik. Salah satunya adalah Pantai Siung. Pantai Siung terletak di Kecamatan Tepus, Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 77 km dari kota Yogyakarta. Untuk menuju Pantai Siung, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga dengan menyewa mobil karena tidak ada angkutan umum yang dapat mencapai lokasi pantai ini. Kondisi jalan menuju Pantai Siung sudah beraspal cukup baik, namun penuh tikungan dan tanjakan. Jalan menuju pantai ini dikelilingi perbukitan kapur, dan ladang palawija, oleh karena itu kondisi kendaraan Anda harus prima.

Rute yang dapat Anda ambil untuk menuju Pantai Siung adalah dari Yogyakarta, ambil jalur menuju Wonosari, lanjut ke arah Tepus, kemudian Purwodadi dan selanjutnya Anda akan tiba di Pantai Siung. Perjalanan dari Yogyakarta memakan waktu sekitar 2 jam. Untuk masuk ke Pantai Siung Anda akan dikenakan biaya sebesar 3.000 Rupiah dan biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar 2.000 Rupiah. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola.Fasilitas yang terdapat di pantai ini terbilang standar, seperti toilet, tempat parkir, dan warung yang menjual makanan dan minuman. Belum ada fasilitas penginapan di sini. Bagi Anda yang ingin menginap, sebaiknya membawa tenda dan berkemah di camping ground yang ada di balik tebing.

5. Kebun Teh Nglinggo Jogja

Kebun teh nglinggo berada di dusun nglinggo, desa pagerharjo , KEcamatan Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di ujung barat Yogyakarta, di pucuk perbukitan menoreh. Jika kalian berada di jogja   lihatlah ke arah barat, Dari selatan ke utara akan terlihat barisan perbukitan menoreh. nah di ujung sebelah utara itulah kebun teeh nglinggo , Samigaluh berada. Rute paling cepat untuk menuju ke kebun teh nglinggo samigaluh adalah melewati jalan godean. Dari tugu jogja ambil saja arah kebarat kurang lebih 18 Km menuju ke kabupaten kulon progo. Setelah melewati jembatan kali progo kalian akan menemukan lampu merah, belok lah kekanan kurang lebih 18 km sampai menemukan lampu merah berikutnya.

Lampu merah kedua itu adalah perempatan dekso, ambil saja arah kekiri kurang lebih 10 km nanti kalian akan menemukan pasar plono. Nah dari situ sudah deket , ikuti saja petunjuk arah sampai menuju ke pintu retribusi kebun teh.

Cara menuju ke Kebun Teh Nglinggo :
dari Kota Jogja – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo – Desa Wisata Nglinggo – Kebun Teh Nglinggo

6. Puncak Suroloyo

Terletak di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia. Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi Pegunungan Menoreh. Dari ketinggian 1.019 m dpl kita dapat meneropong Candi Borobudur yang terlihat sangat mungil dikelilingi 4 “benteng”-nya: Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, serta Merapi.

Untuk menuju puncak Suroloyo anda harus menaiki anak tangga berjumlah 286 dengan tingkat kemiringan yang lumayan terjal. Sesekali anda harus beristirahat dulu untuk memulihkan tenaga menuju anak tangga berikutnya. Biasanya pada anak tangga yang ke 100, banyak para wisatawan mulai terenggah –engah. Setelah beristirahat secukupnya, anda dapat melanjutkan perjalanan menaiki tangga tersebut dengan hati-hati.

Begitu kaki anda mulai menginjakkan di puncak Suroloyo maka akan disambut puluhan kupu-kupu, burung gereja dan capung berhamburan seakan menyambut kedatangan anda. Dari Puncak Suroloyo yang mempunyai ketinggian 1.019 m dpl ini, anda akan menyaksikan keindahan lanskap yang luar biasa. Candi Borobudur terlihat mungil dikelilingi 4 gunung sebagai bentengnya yaitu gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Sindoro dan gunung Sumbing.

Akses

• Untuk bisa mencapai Puncak Soroloyo dapat memilih 2 jalur yaitu :
  • Dari Yogyakarta – Jalan Godean – Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo.
  • Dari arah Semarang atau Magelang : Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo.
  • Rute alternatif : ditempuh dengan jalan kaki melalui Borobudur menuju kearah selatan menuju sub terminal Samigaluh selanjutnya menuju arah Suroloyo.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan obyek wisata Puncak Suroloyo, anda harus membayar tiket sebesar Rp.2.000,- per orang (2014). Sedangkan bila anda menggunakan jasa ojek rute dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo pulang pergi, tarifnya Rp. 50.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Surolyo hanya berupa warung – warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ala kadaranya. Bila anda melewati daearah Nanggulan, anda dapat menemukan warung sate yang sangat terkenal dan konon tempat tersebut langganan Bupati Kulonprogo untuk menjamu tamu-tamunya.