Tempat Wisata Alam di Bengkulu Yang Unik Dan Terpopuler

Keunikan Destinasi tempat wisata di Bengkulu yang terpopuler dapat Anda temukan dalam sejumlah pesona alam dan peninggalan sejarah yang mempesona. Seperti Bunga Rafflesia Arnoldi yang terkenal itu dapat Anda temukan di Kota Curup, sebuah tempat wisata di Bengkulu yang populer. Bunga Rafflesia ini adalah bunga terbesar di dunia dengan diameter 100 cm. Bunga ini membutuhkan 6 sampai 8 bulan untuk tumbuh dan 15 hari setelah itu untuk berbunga. Keunikan dari bunga ini adalah tidak memiliki akar, daun dan batang.

Destinasi Wisata Alam Di Bengkulu juga tak kalah menarik untuk dibahas. Karena memiliki keunikan tersendiri dan pesona yang mengagumkan. Seperti halnya Wisata Alam Bengkulu Di Pulau Tikus. Dari namanya saja sudah membuat kening berkerut, ya Pulau Tikus. Jangan salah, ini bukan berarti pulua yang dihuni tikus, namun pulau yang berukuran kecil dengan pesona alam yang memukau. Dan masih banyak lagi Wisata Alam Di Bengkulu, berikut ulasan selengkapnya :

Tempat Wisata Alam di Bengkulu

1. Pulau Tikus

Terletak 10 km di arah barat dari kota Bengkulu, Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Anda dapat sampai di salah tempat wisata di Bengkulu ini dengan menyewa kapal nelayan di pantai Jakat, dengan durasi waktu perjalanan sekitar 1 jam. Jika menyewa boat untuk pergi ke Pulau Tikus, akan memakan waktu sekitar 40 menit dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau Tikus dulunya adalah tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia.

Pulau Tikus ini memiliki luas lahan sekitar 1,5 Ha, sebuah pulau di Bengkulu yang dikelilingi terumbu karang yang luas dan secara alami melindungi pulau dari abrasi akibat gelombang yang besar. Panorama pulau yang indah, air laut yang jernih, dan kegiatan snorkel untuk menyaksikan pesona batu karang yang indah serta  ikan-ikan laut penuh warna adalah beberapa hal yang paling memikat di objek wisata Bengkulu yang satu ini.

2. Pantai Panjang

Pantai Panjang terletak di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, sebuah kawasan yang lengkap dengan fasilitas publik dan akomodasi yang lengkap. Dari pusat kota, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk dapat sampai di Pantai Panjang ini, atau berjarak sekitar 3 km. Garis pantai yang sangat panjang sejauh 7 km adalah keunikan yang dimiliki tempat wisata di Bengkulu yang satu ini.

Objek wisata alam Bengkulu Pantai Panjang ini memiliki banyak fasilitas,dari penginapan, restoran dan cafe, pusat perbelanjaan, arena bermain anak, hingga fasilitas olah raga. Tak ayal, Pantai Panjang adalah salah satu pesona wisata di Bengkulu yang populer. Bagi masyarakat lokal, pantai ini adalah juga salah satu pusat terapi dengan berjogging pagi atau sore hari di lintasannya.

Pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh di sepanjang bibir pantai adalah daya tarik lain yang melengkapi keindahan panorama matahari tenggelam di kawasan pantai. Pantai Panjang memiliki pasir putih yang halus sehingga saat Anda berjalan maka pasirnya tidak akan mengotori kaki. Berolahraga di pantai ini merupakan kegiatan yang tepat karena di sepanjang pantai tersedia jogging trek. Penggemar volly pantai dapat bermain di lapangan yang dibangun di atas pasir-pasir alami, pecinta surfing pun memiliki titik sendiri untuk menaklukan ombak bersama papan selancarnya. Jika Anda ingin sesuatu yang lain, Anda dapat mencoba menikmati kuliner laut di kawasan pantai ini. Ada banyak restoran hingga tempat-tempat makan yang mudah Anda temukan di sana.

3. Pantai Tapak Paderi

Objek wisata di Bengkulu yang satu ini memiliki garis pantai yang panjang dan menawan, tidaklah mengherankan jika Pantai Tapak Paderi ini ramai dengan kunjungan orang. Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat di Bengkulu, sebuah pantai yang pada awal mulanya adalah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu serta menjadi penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu pada masa itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.

Sunset yang begitu indah adalah pesona yang dapat Anda temukan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Dari bagian atas Tapak Paderi, Anda dapat menyaksikan keindahan laut Bengkulu. Berjalan-jalan kaki di sekitar pantai atau menikmati jagung bakar di pantai ini adalah kegiatan menarik yang dapat Anda nikmati.

4. Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini terletak di Kota Curup, Bengkulu Utara, tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu dengan jarak hanya sekitar 6 km. Danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau ini merupakan kawasan cagar alam yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Kawasan hijau berudara sejuk, penorama yang menawan di kawasan danau pada saat pagi hari, serta kekayaan flora dan fauna di kawasan Danau Dendam Tak Sudah adalah beberapa hal yang dimiliki tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berperahu dan menaiki rakit untuk mengelilingi danau adalah salah satu kegiatan menarik yang harus Anda lakukan. Jika Anda memiliki hobi memancing, tempat ini adalah salah satu yang tepat untuk Anda.

5. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bestari terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, berjarak sekitar 17 km dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Lokasinya yang dekat dengan Bukit Kaba membuat daerah ini sebagai salah satu pilihan tempat wisata di Bengkulu yang menarik. Danau Mas Harus Bastari adalah salah satu objek wisata keluarga di Bengkulu yang disukai. Terdapat banyak permainan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Perahu-perahu dan sepeda air dapat dimanfaatkan untuk berkeliling danau. Anak-anak lazimnya suka bermain dengan komedi putar dan kursi ayun. Kawasan wisata Danau Mas Harun Bastari memiliki luas 36 hektar, bukit di sekelilingnya ditanami sayur-mayur segar.

6. Bukit Kaba

Terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bukit Kaba adalah gunung api aktif tipe A, yaitu tipe gunung yang pernah meletus tahun 1600 sampai sekarang, berketinggian sekitar 1.952 m dpl. Ada 8 kawah yang dimiliki gunung ini, tapi 5 diantaranya tertutup vegetasi. Gunung Kaba atau masyarakat Bengkulu menyebutnya sebagai Bukit Kaba, menyuguhkan pemandangan alam nan hijau dan menawan hati. Untuk dapat mencapai kawah dan puncak Bukit Kaba, Anda harus menaiki 307 anak tangga.

Menyaksikan jajaran Bukit Barisan yang berdiri indah serta pendar cahaya matahari terbenam adalah beberapa hal memikat yang dapat Anda rasakan di tempat wisata Bengkulu yang satu ini. Berkemah di puncak bukit untuk menyaksikan gemerlap lampu Kota Curup pada malam hari adalah satu hal yang menawan. Untuk dapat masuk kawasan wisata Bukit Kaba di Bengkulu ini, Anda harus membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang.

2017-03-11T05:05:14+00:00