Rahasia Sukses Ternak Burung Lovebird Lengkap Dibahas Disini

Ternak Burung Lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung Lovebird di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi anda yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang? Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk anda semua yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Bagi pecinta burung Lovebird, usaha budidaya ternak burung Lovebird ini bisa menjadi alternatif untuk memulai bisnis di bidang ternak. Permintaan konsumen untuk membeli burung Lovebird sendiri dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, mengingat  burung ini menjadi salah satu primadona pecinta burung dari segi kicauan dan kecantikan. Sehingga, untuk memulai usaha ternak burung ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan dengan modal yang terbatas.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka akan tahu tips triknya, sehingga dengan mudah bisa mengatasi segala permasalahan dan kebutuhan dari burung lovebird itu sendiri. Untuk mengembangkan lovebird pun akan semakin mudah bila anda terus berusaha dan belajar, terutama dalam hal perawatan serta mengatasi gangguan yang terjadi pada lovebird. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kami telah siapkan untuk anda tentang bagaimana cara budidaya ternak buruh lovebird berikut ini :

Rahasia Sukses Ternak Burung Lovebird Lengkap Dibahas Disini

Rahasia Sukses Ternak Burung Lovebird Lengkap Dibahas Disini

Tahapan dan Cara Ternak Burung Lovebird Agar Sukses

1. Siapkan Kandang Burunag Lovebird

Pertama, lebih baik persiapkan kandang burung terlebih dahulu. Untuk membuka usaha ternak burung lovebird (jika pemula) tidak perlu membuat kandang yang besar. Ukuran kandang 1 m x 1 m x 1 m cukup untuk kandang indukkan Lovebird. Untuk kandang yang digunakan pemijahan dan perjodohan burung, buatlah kandang minimalis yang berbentuk kotak yang bisa diisi 2-3 burung dengan ukuran 25 cm x 25 cm x 25 cm. Kadang yang digunakan untuk memijah, beri beberapa daun kering atau jerami. Dianjurkan untuk tidak menggunakan daun atau ranting yang segar karena berpotensi membusuk sehingga dapat meracuni burung.

2. Pilih Indukan Yang Berkualitas

Salah satu hal terpenting agar sukses usaha budidaya ternak burung Lovebird sangat ditentukan dari pemilihan indukan yang berkualitas. Induk jantan yang siap membuahi biasanya berusia 8 bulan, sedangkan untuk betina siap memijah setelah usia 1 tahun. Jika Anda menginginkan anakan dengan suara bagus atau berbulu cantik, pilihlah indukan betina dengan karakteristik serupa. Lovebird jantan sebagai burung monogami, hanya melakukan perkawinan dengan satu pasangan induk betina saja dan termasuk kategori burung pemilih, sehingga belilah beberapa indukan burung Lovebird yang berkualitas.

Ciri-Ciri Burung Lovebird Betina Dewasa:

  • Sering terlihat ngapal, artinya kedua sayap direntangkan sedang pada bagian ekor diangkat ke atas itu pertanda siap kawin dan ingin segera kawin. Jika anda melihat tingkah laku lovebird begitu segera jodohkan atau kawinkan.
  • Memiliki ukuran supit urang yang lebih lebar dan lentur dibanding pejantan.

Ciri Burung Lovebird Jantan Dewasa :

  • Memiliki ukuran supit urang yang lebih kaku dan sempit dibanding betina.
  • Terkadang terlihat menggesek-gesekan pantatnya ke tangkringan, nah apabila anda melihat kalakuan burung jantan demikian segera diternak, sebab bila kelamaan dapat membuatnya sulit kawin dengan betina.

3. Proses Perjodohan Burung Lovebird

Burung Lovebird adalah burung yang setia terhadap satu pasangan. Untuk melakukan perjodohan, Anda bisa memulai dengan beberapa burung jantan dan beberapa burung betina yang dimasukkan pada kandang yang sama. Kita bisa menggunakan bantuan kaca sebagai pemisah pejantan dan betina didalam satu kandang hal ini untuk menghindari ketidakcocokan antar burung dan meminimalisir perkelahian. Perhatikan burung dalam beberapa hari, biasanya sepasang burung yang sudah mengalami kecocokan akan saling berdekatan dan menempel pada kaca beradu paruh. Pindahkan sepasang burung ke kandang pemijahan yang sudah disiapkan.

4. Pilih Makanan untuk Anakan yang tepat

Tentunya jenis makanan untuk burung anakan dan dewasa berbeda. Jika Anda sulit menemukan makanan untuk anakan Lovebird, Anda bisa menggunakan alternatif makan bayi seperti bubur instan atau Bubur SUN yang dicampur dengan air hangat. Untuk menjaga kesehatan burung Anda bisa memberikan multivitamin dengan kandungan vitamin A, B, C, D, E dan K. Pemberian jenis suplemen vitamin yang tepat akan membentuk kicauan burung yang bagus.

Untuk burung Lovebird dewasa, ada beberapa pilihan makanan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jenis – jenis makanan burung dewasa ini antara lain: Canary seed, biji sawi, biji bunga matahari, jumawut, millet putih dan millet merah. Jangan lupa untuk selalu mengganti air minum di kandang yang sekiranya sudah kotor.

5. Cara Perawatan Burung Lovebird yang benar

Memulai usaha budidaya ternak burung tentu saja Anda harus memiliki waktu lebih untuk merawat dan memandikan Lovebird setiap hari untuk menjaga kesehatan burung dari serangan bakteri atau virus. Memandikan Lovebird hampir sama dengan memandikan jenis burung lainnya. Anda bisa menggunakan bantuan spray berisi air untuk menyemprot seluruh tubuh Lovebirs. Usahakan untuk tidak mengenai mata Lovebird, karena bisa membuat mata memerah dan sulit disembuhkan.

Jemur Lovebird yang sudah selesai dimandikan dengan waktu optimal penjemuran untuk Lovebird dewasa pada jam 7- 10 pagi hari selama 1-2jam, sedangkan untuk anakan burung cukup dijemur selama 20 – 30 menit. Penjemuran burung yang rutin setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan burung dan meningkatkan kalsium pada tulang kaki burung Lovebird.

2017-07-26T07:59:19+00:00