Pentingnya Memilih Menu Makanan Sehat Setiap Hari Untuk Anda

Menu makanan sehat setiap hari. Menu sehat merupakan menu makanan dimana setiap harinya terdapat kandungan serat alami dan bahan nabati, seperti buah-buahan, sayuran dan aneka macam makanan lainnya. Seperti kita ketahui makanan sehat merupakan makanan yang dibuat dengan cara pengolahan yang higienis, memiliki kandungan serat alami, bahan nabati dan juga lewat pengolahan yang bersih. Untuk menjaga kesehatan, kita tentu wajib memperharikan bagaimana pola hidup yang dijalankan setiap hari, diantaranya yaitu memperhatikan berbagai macam makanan yang dikonsumsi tiap harinya.

6 Jenis Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Untuk memenuhi pola hidup sehat, Anda perlu menjaga asupan makanan setiap hari dengan mendaftar menu makanan sehat setiap hari, lewat berbagai jenis makanan di bawah ini :

  1. Nasi Merah

Meurpakan jenis nasi yang begitu baik dikonsumsi serta mengandung gizi yang amat baik untuk kesehatan tubuh jika dibandingkan nasi putih. Nasi merah ini termasuk jenis karbohidrat kompleks yang memiliki efek tak hanya mengenyangkan perut saja tetapi aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Untuk itu, mengonsumsi nasi merah sangat baik dibandingkan nasi putih.

  1. Buah-Buahan

Mengonsumsi berbagai macam buah-buahan bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian untuk tubuh Anda, dengan begitu kesehatan tubuh tetap terjaga serta bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Dimana buah-buahan mengandung sejumlah nutrisi penting seperti serat, kalsium, protein, mineral, vitamin dan nutrisi lainnya.

Pentingnya Memilih Menu Makanan Sehat Setiap Hari Untuk Anda

Pentingnya Memilih Menu Makanan Sehat Setiap Hari Untuk Anda

  1. Telur

Makanan dengan kandungan protein tinggi yaitu telur. Dengan mengonsumsi telur, tentunya sangat bermanfaat untuk memperkuat bagian otot tubuh sekaligus bisa membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut. Untuk itu, rambut pun terlihat lebih subur dan sehat.

  1. Susu

Susu adalah minuman yang kaya kandungan kalisum, dengan begitu sangat bermanfaat menjaga serta meningkatkan proses pertumbuhan tulang. Di samping itu, dengan mengonsumsi susu secara rutin setiap hari bisa membantu meningkatkan stamina pada tubuh ketika hendak beraktivitas. Selain itu, minuman ini juga bisa diolah ke dalam berbagai macam masakan yang lezat, seperti pudding susu yang sangat baik melancarkan sistem cerna tubuh.

  1. Seafood

Seafood adalah sejenis makanan laut. Dimana makanan laut ini sangat baik untuk tubuh. Hal tersebut disebabkan, kandungan yang ada pada makanan laut ini mengandung omega 3 dan kaya kandungan protein sehingga begitu bermanfaat untuk kesehatan otak serta tumbuh kembang anak. Beberapa jenis makanan laut yang bisa dikonsumsi diantaranya kepiting, cumi, ikan dan lain sebagainya. Bila Anda tak suka makanan laut dikarenakan alergi, bisa saja mencari alternative penggantinya dengan mengonsumsi ikan air tawar.

  1. Sayuran

Sayuran merupakan makanan paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh sebab mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting di dalamnya. Di dalam sayuran mengandung karbohidrat, kalsium, vitamin, asam folat, protein dan serat. Dimana semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi sayuran di tiap harinya bisa mencegah gangguan sistem pencernaan, misalnya saja seperti sembelit, diare, buang air besar serta gangguan pencernaan yang lainnya. Adapun jenis sayuran sehat yang bisa dikonsumsi diantaranya bayam, kangkung, wortel, brokoli, kacang panjang, timun dan lain sebagainya.

Manfaat Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Jika Anda mengonsumsi makanan sehat setiap hari, tentu berbagai macam  nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi. Dengan mengatur menu makanan sehat setiap hari, tentunya tubuh akan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit. Pertumbuhan normal pada tubuh serta fungsinya, bila tanpa adanya nutrisi yang terkandung dalam makanan sebagai penyedia bahan bakat saat menjalankan tubuh, tentunya membuat tubuh pun lebih rentan terhadap paparan virus dan bakteri yang menyebabkan timbuulnya berbagai macam penyakit. Selain itu, energy yang diperlukan dalam menjalankan fungsi pada tubuh, entah secara mental ataupun fisik, bersumber dari cadangan yang terdapat pada lemak tubuh.

Ketidakseimbangan yang diakibatkan oleh kadar lemak yang telah terganggu pada tubuh bisa mengakibatkan kekurangan gizi ataupun kelebihan berat badan, dimana keduanya sangat berbahaya untuk tubuh. Seseorang yang mengalami kekurangan gizi atau obesitas mempunyai peluang tinggi untuk terserang berbagai penyakit kardiovaskuler, seperti kanker, jantung, osteoporosis, diabetes dan lain sebagainya. Untuk itulah sangat penting menjaga pola makanan sehat dengan memilih menu makanan sehat setiap hari.

2017-05-01T09:29:55+00:00