Gejala, Penyebab, Obat Herpes Kulit Yang Tepat dan Efektif

Gejala, Penyebab, Obat Herpes Kulit Yang Tepat dan Efektif sesuai saran dokter akan dibahas lengkap disini. Herpes Kulit adalah sebuah penyakit kulit yang umumnya disebabkan oleh virus. Pemahaman yang salah mengenai penyebab timbulnya penyakit ini biasanya diprasangkai sepenuhnya karena hubungan seksual yang tidak sehat, padahal penyebab utama penyakit herpes adalah infeksi virus. Apakah penyakit herpes kulit menular atau tidak ? Herpes termasuk dalam salah satu jenis penyakit menular yang menyerang permukaan kulit seseorang. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen.

Gejala Herpes Kulit Yang Perlu Diwaspadai

Gejala dari infeksi virus ini umumnya ditandai dengan ruam kulit merah berkelompok yang bisa disertai dengan rasa sakit atau perih dan panas seperti terbakar. Keluhan biasanya timbul pada satu sisi. Pada sebagian orang, rasa sakit yang dirasakan bisa sangat intens.

Ruam pada herpes kulit kemudian akan tampak berupa lenting-lenting berisi cairan yang mudah pecah. Pada awalnya ruam dapat terasa gatal, namun kemudian menjadi nyeri.

Selain itu, gejala lain yang dapat dirasakan pada herpes kulit yaitu demam, sakit kepala, kelelahan, mati rasa atau kesemutan. Selain itu, mungkin timbul nyeri saat tersentuh, atau terpapar panas cahaya matahari.

Herpes kulit dapat terjadi pada siapa saja yang pernah menderita cacar air. Namun, beberapa faktor yang membuat orang berisiko terkena herpes kulit di antaranya adalah:

  • Berusia 50 tahun atau lebih
  • Menderita penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, seperti HIV/AIDS atau kanker.
  • Sedang menjalani pengobatan, misalnya terapi radiasi atau kemoterapi. Sebab pengobatan tersebut dapat menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan bisa saja memicu timbulnya herpes kulit.
  • Mengonsumsi obat tertentu yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, seperti obat antiradang golongan kortikosteroid.

Penyebab Herpes Kulit Yang Harus Diketahui

Herpes kulit penyebab nya adalah virus varicella-zoster (virus penyebab cacar air) berawal dari penyakit cacar air, ketika seseorang terserang penyakit cacar air maka virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi tidak aktif atau laten pada salah satu atau lebih pusat saraf posterior. Ketika daya imnunitas seseorang sedang menurun maka virus tersebut akan aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi menuju kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus akan memperbanyak diri dan membentuk bintik-bintik kecil berwarna merah dan menggelembung berisi cairan pada daerah kulit yang dilalui oleh virus tersebut.

Herpes kulit ini biasanya sering terjadi pada orang lanjut usia dan penderita imunosupresif atau seseorang dengan sistem imun lemah sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu penyebab penyakit herpes pada kulit adalah kurangnya asupan nutrisi untuk meningkatkan daya imunitas tubuh. Gejala awal yang biasa ditunjukkan oleh penderita penyakit herpes antara lain adalah diawali dengan demam tinggi yang kemudian akan menunjukkan gejala lainnya setelah 8 hari.

Penyakit herpes termasuk dalam penyakit menular dengan cara penularan yang sangat mudah dan cepat. Penyakit ini dapat menular melalui berbagai media seperti semua barang yang sudah tersentuh oleh cairan gelembung penderita herpes, kontak langsung atau bersentuhan dengan kulit penderita herpes serta penggunaan pakaian yang sama dengan penderita herpes yang sudah terkena pecahan cairan gelembung. Sehingga melihat dari cara penularan yang sangat mudah tersebut maka sudah barang tentu harus segera dilakukan pengobatan.

Obat Herpes Kulit Yang Tepat dan Efektif, Sesuai Saran Dokter

Herpes kulit obat nya yang terbaik adalah obat yang diberikan oleh dokter dapat membantu mengurangi gejala dan memperpendek lamanya infeksi.  Umumnya, dokter memberikan obat antivirus, misalnya berupa asiklovir, valasiklovir, dan famsiklovir.

Selain itu, ada beberapa jenis obat herpes kulit yang dapat diberikan dokter untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan, seperti :

  • Obat antiradang
    Obat ini termasuk ibuprofen yang bertujuan untuk meringankan rasa sakit dan peradangan yang terjadi.
  • Obat-obatan analgesik
    Obat ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit akibat herpes kulit sehingga mampu mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan.
  • Antikonvulsan
    Obat ini sejatinya digunakan untuk mengatasi kejang, namun pada herpes kulit, obat antikonvulsan seperti gabapentin, bisa digunakan untuk mengobati rasa nyeri yang berkepanjangan.
  • Antihistamin
    Obat golongan ini seperti diphenhydramine, sebenarnya bermanfaat untuk mengobati alergi, namun pada herpes kulit dapat digunakan untuk membantu mengurangi gatal.

Selain memanfaatkan obat herpes kulit, perawatan di rumah dapat membantu meredakan rasa nyeri dan gatal. Misalnya, mandi air dingin yang dicampur dengan cairan antiseptik atau kompres dingin di area ruam, kemudian dilanjutkan dengan mengoleskan losion kalamin. Untuk mengeringkan tubuh, hindari gesekan permukaan ruam dengan handuk, cukup tepuk-tepuk ringan dengan kain atau handuk lembut untuk menyerap air. Upayakan untuk tidak menggaruk ruam, hindari memecahkan lenting, dan perbanyak istirahat.

Jenis Penyakit Herpes Kulit

Herpes zoster
Herpes zoster yang umumnya paling banyak terjadi, disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Mirip seperti cacar air yang menimbulkan gelembung-gelembung pada kulit berwarna merah kecoklatan karena virus ini juga yang menyebabkan penyakit cacar air. Gelembung-gelembung ini yang nantinya akan menyebabkan infeksi pada kulit apabila pecah. Herpes zoster dapat menginfeksi ke seluruh bagian kulit tubuh.

Herpes genitalis
Berbeda dengan herpes simpleks atau herpes genitalis yang disebabkan oleh virus yang berasal dari hubungan seksual yang tidak sehat, jenis penyakit herpes ini banyak terjadi di wilayah Amerika, khususnya Amerika Serikat, penyakit ini telah menginfeksi hampir sebanyak 20% orang dewasa di sana. Virus herpes simpleks, merupakan virus yang sulit untuk dimatikan, sehingga sewaktu-waktu dapat kembali kambuh menginfeksi setelah beberapa waktu penderita dinyatakan sembuh. Khusus herpes simpleks lebih sering menyerang pada organ-organ seksual dan di sekitarnya.

Penularan Penyakit Herpes Kulit

Penularan herpes selain murni akibat infeksi virus, penyakit ini dapat menular melalui kontak mata dengan penderita, sentuhan dengan bagian yang terinfeksi, dan hubungan seksual dengan penderita. Penularan herpes selain murni akibat infeksi virus, penyakit ini dapat menular melalui kontak mata dengan penderita, sentuhan dengan bagian yang terinfeksi, dan hubungan seksual dengan penderita.

Ada dua jenis penyakit herpes yakni herpes zoster yakni penyakit yang menyerang pada kulit dan herpes genitalis yakni penyakit herpes sebagai salah satu penyakit kelamin. Sedangkan yang akan kita bahan kali ini adalah penyakit herpes pada kulit dan penyebab penyakit herpes tersebut.

Penyebab penyakit herpes kulit ini adalah virus yang ditularkan oleh virus varicella-zoster berawal dari penyakit cacar air, ketika seseorang terserang penyakit cacar air maka virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi tidak aktif atau laten pada salah satu atau lebih pusat saraf posterior.

Ketika daya imnunitas seseorang sedang menurun maka virus tersebut akan aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi menuju kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus akan memperbanyak diri dan membentuk bintik-bintik kecil berwarna merah dan menggelembung berisi cairan pada daerah kulit yang dilalui oleh virus tersebut.

2017-11-10T16:43:03+00:00