Diet Sehat ? Sarapan Dan Makan Malam Tetap Penting

Diet Sehat memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Diet sehat memang paling banyak diminati kebanyakan orang. Tetapi ada sebagian orang yang melakukan diet tidak sehat dengan mengonsumsi obat diet berbahan kimia dan tidak menerapkan diet sehat sehingga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit. Ternyata ada cara diet alami dan aman untuk dilakukan tanpa ada efek samping. Bagaimana cara diet yang sehat? Memang kita ingin cepat berat badan turun dan menjadi langsing, tapi perubahan pola makan drastis apalagi sampai tidak makan beresiko terkena gangguan kesehatan.

Selain itu, usaha keras yang tidak sehat juga tidak memungkinkan perubahan gaya hidup sehat demi menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang. Lalu berapa jumlah pengurangan berat badan yang direkomendasikan? Antara setengah sampai dengan satu kilogram seminggu saja, perhitungannya yaitu setengah kilogram lemak = 3.500 kalori sehingga jika kamu ingin menurunkan setengah kilogram berat badan, berarti dalam sehari minimal harus ada 500 kalori yang dibakar. Penurunan berat badan drastis secara cepat yang tidak menyehatkan menyebabkan beberapa risiko gangguan kesehatan, lagipula penurunan berat badan seperti itu tidak akan bertahan lama dan nantinya juga akan cepat naik kembali.

Diet Sehat ? Sarapan Dan Makan Malam Tetap Penting

Diet Sehat ? Sarapan Dan Makan Malam Tetap Penting

Sarapan Dan Makan Malam Yang Benar Saat Diet Sehat

Cara sarapan untuk diet sehat

Dengan sarapan takut berat badan anda akan bertambah? Jangan salah, dengan sarapan justru membuat berat badan kamu lebih bisa dikontrol. Berat badan orang yang suka sarapan justru cenderung memiliki berat badan lebih terkontrol jika dibandingkan mereka yang tidak suka makan di pagi hari. Menurut satu teori, sarapan yang sehat dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari dan membantu kita memilih menu makanan lain yang sehat juga. Sebab kalau tidak sarapan, kita pasti akan kelaparan. Hasilnya, kita jadi makan lebih banyak saat makan makan siang dan makan-makan lainnya.

Dengan sarapan untuk diet sehat, tidak hanya mampu mengendalikan berat badan, sarapan yang sehat memberikan kita energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan juga mampu meningkatkan konsentrasi dan kinerja kita, menjaga daya tahan tubuh, dan bahkan menurunkan kadar kolesterol. Yang perlu dicatat, sarapannya jangan asal ditelan. Menurut sebagian besar penelitian, sarapan sehat yang mengandung protein dan/atau biji-bijian utuh berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Bukan sarapan dengan menu yang sarat akan lemak dan kalori. Karena dengan menu sarapan kaya protein dan serat tersebut, kita akan merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan bisa terkendali sepanjang hari. Jangan lupakan pula menyertakan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral.

Cara makan malam untuk diet sehat

Selain tidak ingin sarapan, banyak juga orang yang enggan makan malam supaya timbangannya tidak bertambah atau bergerak jauh ke kanan. Padahal makan malam itu tidak dilarang saat diet sehat asal ukuran atau jumlahnya saja yang dikurangi. Yang disarankan untuk dihindari adalah ‘ngemil’ atau makan lagi setelah makan malam. Dua hal tersebutlah yang menjadi faktor pendukung berat tubuh naik secara drastis. Jika kamu sudah makan malam tapi perut tetap asyik keroncongan, disarankan untuk minum minuman bebas kalori atau makan satu bungkus permen saja. Selain itu, mengurangi godaan ‘ngemil’ di tengah malam juga bisa dilakukan dengan menyikat gigi setelah makan malam. Kalau sudah sikat gigi, pasti malas untuk makan satu bungkus keripik kentang, cookies, atau es krim lagi.

Sebenarnya makan tiga kali sehari – sarapan, makan siang, dan makan malam – itu menyehatkan. Bahkan menurut penelitian tahap awal, orang yang makan tiga kali sehari memiliki kadar lemak dalam darah yang lebih rendah. Yang terpenting adalah pilihlah menu makanan sehat yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, produk susu bebas lemak atau rendah lemak, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur. Jangan lupa untuk memilih penganan yang rendah kandungan lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam, dan gula tambahan. Selain itu, perhatikan pula kebutuhan kalori harian Anda sesuai usia dan jenis kelamin.

Jadi, bila anda ingin Diet Sehat dan mau berat badan turun, mari teratur sarapan, makan siang, dan makan malam yang sehat pula seperti yang sudah dibahas diatas, dan jangan lupa olahraga yang teratur pula agar Diet Sehat anda tercapai.

2017-07-30T16:42:19+00:00