Daftar Ide Usaha Di Desa Yang Menjanjikan dan Sukses TERLENGKAP

Usaha Di Desa bila menggunakan cara yang tepat, hasilnya pun sangat menjanjikan dan tak kalah dengan usaha di perkotaan. Bahkan tidak sedikit pula yang sukses menjalani Usaha Di Pedesaan hanya dengan modal yang kecil. Namun sebelum memulai usaha di Perkampungan atau desa, sebaiknya memperhatikan apa saja peluang usaha di desa anda yang paling menjanjikan. Karena setiap pedesaan akan berbeda-beda. Maka dari itu, pada kesempatan ini akan kami hadirkan untuk anda Ide Usaha Di Desa yang dapat anda jadikan referensi untuk memulai bisnis atau usaha di desa anda. Katahuilah peluang usaha di pedesaan berikut ini, kemudian anda riset dan analisa ide usaha ini secara matang, dan tetapkan usaha apakah yang cocok di daerah anda.

Bila berbicara Ide Bisnis dan usaha di Desa, perlu anda ketahui bahwa peluang bisnis dan usaha yang sangat menjanjikan di pedesaan atau perkampungan sangat banyak sekali ragamnya, tinggal bagaimana kita mampu menganalisa salah satu yang paling potensial untuk dijalankan. Penting untuk anda ketahui juga bahwa tinggal di desa dan perkampungan bukan berarti sangat terbatas kesempatan untuk menjalankan bidang bisnis dan usaha.  Seperti layaknya masyarakat perkotaan, warga desa juga masih tergantung dengan pihak pihak lain guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari. Kesempatan untuk sukses itu ada dimana saja dan semua butuh perjuangan dan kerja keras serta didukung dengan cara cara yang realistis juga harus cerdas menyikapi situasi dan kondisi dimana kita berada. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk memulai Usaha Di Desa anda sekarang juga.

Beberapa contoh berikut ini adalah sebagai inspirasi peluang bisnis dan usaha di desa yang mungkin bisa dipilih menyesuaikan dengan kondisi desa atau perkampungan anda.

Daftar Ide Usaha Di Desa Yang Menjanjikan dan Sukses TERLENGKAP

Daftar Ide Usaha Di Desa Yang Menjanjikan dan Sukses TERLENGKAP

 

Daftar Peluang Usaha Di Desa di Berbagai Bidang

#1. Peluang Usaha Di Desa bidang pertanian

Menjual Kebutuhan Pertanian

Secara umum, usaha di bidang pertanian adalah jenis usaha paling sukses di desa. Salah satu peluang usaha di desa yang cukup menggiurkan yaitu menjual alat-alat pertanian dan berbagai hal yang berhubungan dengan dunia pertanian, bibit tanaman, dan obat hama misalnya. Di pedesaan, lahan pertanian masih luas untuk digarap. Ini bisa Anda jadikan peluang bisnis tersebut. Banyak petani yang tentu membutuhkan bibit-bibit tanaman yang berkualitas sebelum musim tanam tiba. Selain itu, para petani tersebut juga membutuhkan alat-alat pertanian untuk menggarap lahan mereka. Dalam proses perawatan, mereka juga membutuhkan obat hama yang biasanya digunakan saat ada hama yang menyerang tanaman. Dengan usaha rumahan yang Anda dirikan, mereka tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke kota atau tempat yang jauh untuk bisa mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan tersebut.

Ide usaha di desa dengan menjual kebutuhan pertanian ini bisa anda mulai dengan modal yang minim dan bisa anda kembangkan lebih maju lagi kedepannya dari keuntungan yang telah anda dapatkan. Bila kebutuhan masyarakat cukup banyak dan beragam, anda bisa menambahkan menjual peralatan pertanian untuk menambah produk usaha anda.

Budidaya Sayuran Organik

Lihat : Cara budidaya sayuran organik agar sukses

Masyarakat urban saat ini mulai beralih pada makanan yang organik karena kesadaran bahwa makanan organik lebih sehat. Usaha pertanian sayuran organik ini bisa Anda jalankan di desa dan kemudian menjualnya ke kota. Tentunya Anda harus punya koneksi dengan para penjual sayuran di pinggir kota atau di pusat kota. Mungkin saat ini hanya orang-orang tertentu yang khusus mencari sayuran organik. Namun, beberapa tahun mendatang dapat dipastikan bahwa sayuran organik akan lebih banyak peminatnya.

Budidaya Buah Naga

Budidaya buah naga adalah salah satu jenis usaha di desa yang cukup potensial. Alasannya, buah naga merupakan jenis buah yang banyak diminati karena rasanya yang segar dan manfaatnya bagi kesehatan manusia. Namun memang untuk menjalankan usaha yang satu ini dibutuhkan modal yang cukup besar dan juga lahan yang cukup luas agar bisa menikmati hasil yang melimpah. Budidaya buah naga sangat menjanjikan untuk dijalankan, bahkan bisa menjadi pilihan peluang usaha di desa terpencil sekalipun.

 

#2. Peluang Usaha Di Desa bidang peternakan

Beternak Ayam Kampung

Usaha ternak ayam kampung nampaknya memiliki peluang yang cukup besar untuk dijadikan usaha di kampung Anda. Pasalnya, menurut data yang diambil tahun 2015 hingga 2016 lalu, permintaan ayam kampung yang bisa terpenuhi hanya di kisaran 25-30% saja. Kenyataan ini bisa menjadi salah satu peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba.

Namun, bagi pemula tak perlu keburu nafsu dengan membeli ratusan anakan ayam kampung. Anda bisa memulai usaha dengan dua sistem yang sudah umum digunakan. Sistem tersebut yaitu sistem umbaran dan sistem semi intensif. Sistem umbaran sudah banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan yang beternak ayam kampung. Dengan sistem ini, Anda tak perlu repot dengan manajemen pakan dan kandang, sebab ketentuan khusus memang tak berlaku di sistem ini.

Anda hanya perlu menyediakan kandang sederhana, yang digunakan untuk berteduh serta istirahat saat malam. Selebihnya, ayam bisa diumbar (dibiarkan) mencari makanannya sendiri. Sedangkan untuk sistem semi intensif, Anda perlu sedikit modal untuk bisa memulainya. Ada banyak tipe kandang yang biasa diterapkan di sistem ini, diantaranya kandang tipe postal, tipe pekarangan dan tipe baterai. Kandang dengan tipe pekarangan mungkin bisa menjadi salah satu pilihan terbaik, sebab Anda yang tak banyak memiliki modal bisa memanfaatkannya. Pembuatan kandangnya tak begitu banyak memerlukan modal, yang dibutuhkan justru pekarangan yang luas. Dengan tipe jenis ini Anda akan lebih bisa mengontrol ternak-ternak Anda jika dibandingkan dengan tipe umbaran yang telah dijelaskan sebelumnya.

Beternak Jangkrik

Budidaya jangkrik di desa cukup menjanjikan saat ini. Alasannya, selain karena permintaan akan jangkrik cukup besar, untuk menjalankan usaha budidaya jangkrik ternyata modalnya sangat kecil. Menjalankan usaha ternak jangkrik di desa cukup mudah karena bahan pakan ternak ini biasanya sudah tersedia, misalnya daun singkong dan jenis daun-daunan lainnya. Modal awal untuk usaha budidaya jangkrik ini adalah kurang lebih Rp500.000,- untuk membeli bibit jangkrik terbaik. Hasil panen ternak jangkrik dari bibit 1 kilogram bisa mendapat untung mencapai Rp2.000.000 – Rp5.000.000,-.

Beternak Kambing

Ternak kambing merupakan peluang usaha di desa berkembang yang sangat menjanjikan. Banyak orang yang meremehkan usaha budidaya ternak kambing karena tidak tahu potensi bisnisnya. Memang bisnis ini terkesan ‘ndeso’ tapi faktanya bisnis ini sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Ternak kambing sangat jarang sakit sehingga perawatannya cenderung lebih mudah. Bila dikelola dengan baik, usaha ternak kambing ini cepat balik modal lho.

Beternak Kroto

Kroto adalah salah satu pakan burung yang paling banyak dicari oleh para pecinta burung. Kroto atau yang kita kenal dengan semut rangrang ini memang sangat laris karena dianggap sebagai pakan terbaik burung kicau. Menjalankan usaha ternak kroto ini gampang-gampang susah. Faktor alam sangat berpengaruh, misalnya intesitas cahaya matahari, kelembaban udara, dan lain sebagainya. Yang pasti budidaya kroto adalah salah satu usaha di desa yang layak dipertimbangkan.

Beternak Lele

Usaha budidaya ikan sangat cocok bila dijalankan di pedesaan karena alam di pedesaan masih alami. Salah satu jenis ikan yang cukup laris adalah ikan lele, bahkan sampai ada jenis kuliner pecel lele. Modal awal untuk memulai budidaya ternak lele ini tergantung pada jumlah bibit lele yang akan disebar di kolam. Biasanya harga bibit lele berkisar pada Rp100 – Rp300 per ekor, tergantung ukuran bibit lele yang dibeli. Sebelum panen, sebaiknya Anda menghubungi beberapa calon konsumen yang membutuhkan ikan lele dalam jumlah besar. Misalnya rumah makan, warung tenda, dan berbagai rumah makan lainnya yang menjual ikan lele dalam menu mereka.

#3. Peluang Usaha Di Desa bidang perniagaan

Toko Kelontong

Kawasan pedesaan biasanya jarang ditemui toko kelontong yang lengkap. Untuk membantu memfasilitasi warga desa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, membuka toko kelontong bisa menjadi salah satu usaha di desa yang menguntungkan. Usaha ini sangat cocok dilakukan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga.

Jual pulsa dan paket data internet

Maraknya penggunaan ponsel kini juga sudah merambah ke kawasan pedesaan, bahkan hingga kawasan terpencil sekalipun. Untuk itulah bisnis pulsa bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan, dimana jika ada pengguna ponsel maka tentu pulsa menjadi sebuah keharusan.

Jual makanan khas Daerah, bisa dimulai dengan jual gorengan

Di daerah pedesaan biasanya banyak ditemui kawasan perkebunan, misalnya kebun salak, pisang, papaya, dan lain sebagainya. Agar hasil kebun tersebut dapat menghasilkan pendapatan, maka tentu sangat bisa diolah menjadi olahan makanan lain seperti keripik buah, atau makanan khas lainnya yang bisa menjadi ladang usaha. Dengan adanya media sosial, bisnis makanan di pedesaan bahkan bisa dipasarkan lebih luas lagi sehingga tentu sangat berpotensi menjadi peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Jadi Pengepul panen ternak dan hasil pertanian

Diluar dari pengusaha toko, sorang pengepul juga bergerak pada sektor perdagangan meskipun secara fisik mereka tidak memiliki tempat atau toko untuk berniaga. Pada umumnya seorang yang disebut pengepul adalah berhubungan dengan pedagang besar di pusat pasar. Kerja mereka hanya bertugas mencari barang dagangan dari petani atau peternak secara langsung, kemudian mengoper atau setor kepada pedagang yang lebih besar (penadah atau gudang) dengan mengambil selisih harga sebagai nilai keuntungannya.

Menjadi pengepul harus cerdas membuat lobi dengan pihak pedagang besar agar bisa menyetor barang dagangan sebanyaknya tanpa dibatasi jumlah dan kapasitas. Selanjutnya tinggal turun ke lapangan bertemu langsung dengan para petani dan peternak untuk membuat penawaran yang lebih berani agar dapat memenangkan persaingan.

Peluang usaha di bidang jasa

 

Jasa sewa peralatan pertanian

Bila anda mempunyai peralatan pertanian dan hanya sesekali dipakai, alangkah baiknya anda sewakan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sistem sewa bisa anda sesuaikan dengan minat masyarakat di daerah anda, mungkin bisa per jam, harian, mingguan, atau bulanan. Mengapa ini menjanjikan ? Perlu anda ketahui bahwa memiliki mesin pembajak sawah tidak semua petani mampu untuk membelinya. Sebagian besar petani masih menggunakan jasa sewa dari pemiliki mesin untuk mengerjakan lahan mereka yang akan dibuka untuk mulai tanam. Banyak sekali jenis mesin pertanian yang disewakan dan sangat laris ketika pada masa masa dan musim tertentu sesuai dengan komoditas pertaniannya. Contoh mesin mesin pertanian yang paling laku disewakan diantaranya adalah:

  1. Traktor membajak sawah
  2. Mesin pemanen padi
  3. Mesin gilingan jagung dan padi
  4. Pemotong kayu dll.
  5. Mobil angkut (pick-up & truk)

Meskipun membutuhkan modal yang relative besar untuk pengadaan mesin pertanian tersebut, namun dalam musim panen yang melimpah biasanya akan kebanjiaran order yang padat pula.

Jasa menjahit, bisa dimulai dengan permak jean dan busana lainnya

Hobi menjahit tentunya bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan. Jika usaha sudah semakin besar, maka anda bisa menambah karyawan agar anda bisa berfokus ke pengembangan manajemen bisnisnya. Bermodalkan sebuah mesin jahit, anda sudah bisa memulai usaha ini. Bisa dimulai dengan permak jeans atau busana lainnya.

 

KESIMPULAN

Di atas tadi contoh peluang usaha di desa yang menjanjikan dan bisa langsung Anda coba dari sekarang. Tentunya sebelum menjalankan usaha tersebut Anda harus melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Riset ini termasuk bagaimana permintaan pasar dan bagaimana peluang usaha di desa tersebut apabila dijalankan di daerah Anda. Selain itu, Anda juga harus telaten dan ulet dalam bekerja agar usaha Anda dapat berjalan sesuai keinginan.

 

Tips Usaha Di Desa Agar Sukses

Ketahui Passion dan Kembangkan Menjadi sebuah Bisnis

Hobi yang dijadikan sebuah bisnis tentunya tidak akan terasa berat karena dijalani dengan suka hati. Namun tidak semua hobi berpotensi menjadi bisnis yang menguntungkan. Meskipun memang mencintai dan menikmati apa yang dijalani merupakan kunci kesuksesan bisnis, namun ketepatan dalam memilih jenis usaha juga tak kalah pentingnya. Untuk itu, sebelum menentukan bisnis yang ingin dijalankan sebaiknya cari tahu terlebih dahulu seperti apa selera pasar saat ini.

Konsultasi dengan Ahli

Untuk meyakinkan diri bahwa bisnis yang akan anda rintis dapat memberikan keuntungan, maka cobalah untuk konsultasi terlebih dahulu pada ahli bisnis atau pengusaha yang sudah lebih dulu melanglang buana di dunia bisnis. Tanyakan secara detail hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan. Jangan lupa untuk konsultasikan pula jenis usaha yang sudah anda rancang. Dengan adanya masukan dari pengusaha yang lebih tahu, tentunya bisnis yang akan anda jalani akan lebih mudah kedepannya.

Ciri Khas Usaha

Jika anda sudah menentukan jenis usaha yang sesuai dengan selera pasar, selanjutnya adalah bentuk ciri khas usaha anda yang membedakannya dengan usaha yang sudah ada. Agar dapat menarik konsumen, cobalah untuk memunculkan ciri khas atau inovasi dari bisnis yang akan dijalani. Misalnya dari hal sepele seperti dari segi pelayanan yang maksimal dan berbeda dengan pelayanan dari pesaing bisnis anda.

Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk media promosi dan meningkatkan brand awareness. Jika bisnis anda terbilang masih baru, maka promosi menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Agar memudahkan promosi dan menjangkau audience yang lebih luas, anda bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya.

Pantang Menyerah

Jika gagal, jangan menyerah. Ini adalah kunci utama dalam memulai sebuah kesuksesan bisnis. Semua pengusaha sukses di dunia, pastinya pernah melalui masa-masa sulit. Sama halnya dengan bisnis dimana pun. Dengan adanya ujian dan masa-masa sulit, jadikanlah sebuah batu loncatan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Tetap optimis dan pantang menyerah jika terkendala dengan masalah. Itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan sebelum merintis sebuah bisnis. Selain tips, tadi juga kita sudah membahas mengenai beberapa jenis peluang usaha di desa yang menjanjikan di era modern ini.

Terbukti bahwa banyak pula peluang usaha yang dapat dikembangkan di wilayang terpencil sekalipun.Bahkan bisnis ini tidak semua membutuhkan modal uang yang besar. Meski demikian, bisnis tersebut tentunya tetap dapat memberikan keuntungan lumayan untuk pebisnisnya. Dalam menjalankan bisnis tersebut, tentunya tidak hanya membutuhkan modal materi semata, namun juga modal kesiapan dari diri sendiri.

Pada dasarnya, bisnis apa pun yang dijalankan tentunya akan mencapai sebuah puncak kesuksesan jika dijalani dengan sepenuh hati. Sebelum benar-benar terjun menjadi pengusaha, yakinkan diri terlebih dahulu bahwa berbisnis dapat menimbulkan banyak resiko. Jika anda sudah mempersiapkan mental untuk menghadapi kemungkinan terburuk, maka bisnis apapun bisa dilalui dengan hati lapang. Pada dasarnya kegagalan adalah bagian dari kesuksesan maka suatu hal yang wajar jika anda menghadapi banyak kendala saat memulai merintis usaha. Tak perlu khawatir, mulailah dari sekarang untuk mewujudkan mimpi kesuksesan menjadi pebisnis dengan memaksimalkan peluang usaha di desa terpencil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

2017-08-27T08:47:50+00:00