Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria-Wanita Secara Cepat dan Alami

Perut buncit (obesitas perut) yang terjadi pada pria ataupun wanita dapat diatasi dengan cara mengecilkan perut buncit secara alami yang telah terbukti ampuh. Caranya masih seputar olahraga dan pengaturan asupan makanan. Banyak orang yang mencari cara mengecilkan perut secara alami tanpa olahraga, padahal olahraga baik angkat beban ataupun kardio menjadi bagian penting untuk membakar lemak. Untuk itu, bila anda sedang mencari cara mengecilkan perut buncit atau cara menghilangkan lemak perut yang sering disebut obesitas perut, pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi secara lengkap tentang perut buncit atau obesitas perut.

Perlu diketahui bahwa diet yang tepat dan disertai dengan olahraga secara rutin merupakan kombinasi paling pas untuk mengatasi perut buncit atau lemak perut secara cepat. Memiliki perut buncit tentu saja sangat mengganggu. Dan pastinya kamu tidak akan merasa nyaman jika memiliki perut buncit, terlebih lagi jika jalan bersama dengan wanita cantik. Kebanyakan orang akan merasa minder jika memiliki perut buncit.

Bukan hanya dari sisi penampilan, memiliki perut buncit juga berpengaruh untuk kesehatan. Biasanya orang yang memiliki perut buncit akan lebih sudah untuk beraktifitas, lebih mudah lelah, dan memiliki lemak perut (obesitas perut) potensi lebih besar untuk terkena penyakit. Maka dari itu mulai sekarang kita harus merupah gaya hidup, terutama dalam konsumsi makanan dan aktifitas.

 

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria-Wanita Secara Cepat dan Alami

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria-Wanita Secara Cepat dan Alami

Penyebab perut buncit (obesitas perut)

Perut buncit disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit disebabkan penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada di sekitar organ dalam tubuh sehingga tidak terlihat. Lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut. Selain sangat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit lain, lemak viseral sangat sulit untuk dihilangkan. Berikut beberapa hal yang menyebabkan perut buncit :

  • Perut buncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik. Apabila Anda makan terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.
  • Riwayat obesitas pada keluarga, kebiasaan merokok, dan stres yang tinggi juga berpengaruh terhadap timbulnya perut buncit.
  • Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit. Selain itu, bentuk tubuh yang seperti ‘apel’ cenderung menyimpan lemak di sekitar perut dibandingkan bentuk tubuh seperti ‘pir’.

Ketahui perut buncit (obesitas perut) yang berbahaya

Ukurlah lingkar pinggang Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki obesitas perut. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran adalah sejajar ujung tulang panggul dan pusar. Seorang laki-laki dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang melebihi 90 cm. Sedangkan pada perempuan, di atas 80 cm.

Bahaya perut buncit (obesitas perut)

Bahaya perut buncit atau obesitas perut, ternyata ada sejumlah risiko yang bisa mengganggu kesehatan. Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa-senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Itulah mengapa perut buncit dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi. Selain itu, asam lemak bebas juga menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, lemak pada perut buncit juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung. Hal ini karena lemak pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria-Wanita Secara Cepat dan Alami

Anda dapat mengencangkan otot perut Anda dengan sit-up atau gerakan lainnya, tetapi dengan hanya melakukan latihan-latihan itu tidak akan menyingkirkan perut buncit secara bermakna. Tetapi, cara mengecilkan perut buncit bisa Anda lakukan dengan memakai strategi kombinasi diet dan olahraga yang ditujukan untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak tubuh total. Hingga saat ini intervensi yang khusus dapat menurunkan lemak viseral belum ada yang terbukti efektif. Meskipun mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah, Anda tetap perlu berusaha mengatasi perut buncit. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.
  • Hindari stres karena dapat memicu perut buncit. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat Anda.
  • Tidur yang cukup juga dapat membantu mengecilkan lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur setidaknya 6-7 jam.
  • Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya. Untuk meminimalisasi lemak pada perut, Anda perlu mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Konsumsi kalori setidaknya dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan. Kurangi karbohidrat dan mulai mengonsumsi banyak sayuran, buah, produk susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.
  • Perbanyak aktivitas fisik. ­Kurangnya aktivitas dapat membuat Anda kesulitan mengecilkan perut buncit. Mulai biasakan melakukan olahraga, dengan kombinasi latihan ketahanan dan cardio. Jika sudah tidak bisa melakukan aktivitas olahraga berat, cobalah rutin berjalan kaki atau yoga.

Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Cara mengecilkan perut secara alami adalah dengan menurunkan berat badan dengan diet seimbang dan kalori yang terkontrol. Makanan yang disarankan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, telur dan unggas. Kemudian pilihlah sumber protein dan produk susu rendah lemak. Batasi asupan gula dan lemak jenuh, seperti misalnya yang ditemukan pada produk susu lemak tinggi, keju dan mentega. Sebagai gantinya, konsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat. Misalnya ikan, kacang-kacangan dan minyak nabati lain.

Batasi garam, makanan olahan, makanan tinggi karbohidrat seperti pasta dan mi, dan makanan penghasil gas seperti kubis, bawang merah, dan kacang polong. Hindari pula minuman yang mengandung gula, minuman ringan, atau minuman beralkohol seperti bir. Selain itu, mengecilkan perut secara alami juga bisa dilakukan dengan mulai mengurangi porsi makan Anda baik di rumah ataupun ketika makan di restoran. Cobalah makan setengah dari porsi makan Anda biasanya, dan makanlah dengan porsi sedikit tetapi sering. Jika perlu, konsultasi dengan ahli gizi untuk menghitung kebutuhan kalori yang tepat untuk Anda. Yang tak kalah penting sebagai cara mengecilkan perut secara alami yaitu berhenti merokok. Perokok dinilai lebih banyak memiliki lemak perut daripada orang yang tidak merokok.

Lakukan Diet Sehat secara rutin

Program diet dengan sarapan dua butir telur dapat mengecilkan perut secara alami. Namun demikian, Anda tetap harus membatasi konsumsi telur setidaknya 6 butir telur per minggu. Penelitian lain menunjukkan, diet kaya blueberry dapat mencegah lemak perut menumpuk. Anda dapat menambahkan blueberry ke sereal, yogurt, atau salad Anda.

Ada pula penelitian yang menyimpulkan bahwa konsumsi 1.200 sampai 1.300 miligram kalsium setiap hari atau sekitar 4 gelas susu, dapat membantu merampingkan perut tiga kali lipat. Selain itu, diet kacang almond juga disebutkan dapat membantu mengecilkan perut. Mengonsumsi kacang almond sekitar 85 gram per hari dapat mengurangi lemak perut.

Olahraga Rutin Sangat Penting

Cara menghilangkan lemak perut atau obesitas perut, anda dapat melakukan aktivitas fisik seperti berjalan cepat setidaknya selama 150 menit dalam seminggu atau sekitar 20-30 menit per hari. Anda juga bisa melakukan aktivitas aerobik dan joging setidaknya selama 75 menit dalam seminggu.

Gerakan senam pilates dasar juga dikatakan lebih efektif dibandingkan latihan konvensional untuk melatih otot perut, seperti sit up, untuk mengecilkan perut secara alami.  Beberapa studi menunjukkan, orang yang mengalami stres cenderung memiliki ukuran lingkar pinggang yang lebih besar. Hal tersebut lantaran produksi hormon kortisol yang tinggi. Olahraga yoga dapat mengecilkan perut karena menurunkan kadar kortisol, minimal selama 1 jam. Atau anda juga bisa memilih gerakan fisik berikut ini :

Olahraga atau gerakan fisik yang dapat mengecilkan perut buncit secara alami :

Oblique Crunch : Caranya, berbaring telentang, lutut ditekuk dan kaki menapak di lantai, selebar pinggul. Rebahkan kedua lutut ke salah satu sisi lantai. Letakkan tangan Anda di dada atau di belakang telinga Anda. Perlahan angkat badan ke sampai bahu Anda sekitar tiga inci dari lantai. Tahan posisi selama beberapa detik dan turunkan perlahan. Lakukan 12 gerakan ini dan ulangi di sisi yang berlawanan.

Stomach Crunch : Berbaring telentang, lutut ditekuk dan kaki menapak di lantai, selebar pinggul. Letakkan tangan Anda di paha, dada atau di belakang telinga Anda. Perlahan angkat badan ke arah lutut sampai bahu Anda sekitar tiga inci dari lantai. Tahan posisi selama beberapa detik dan turunkan perlahan. Lakukan gerakan ini sebanyak 12x. Sebagai variasi, Anda dapat melakukan stomach crunch dengan kaki terangkat. Caranya dengan berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki menapak di lantai, selebar pinggul. Letakkan tangan Anda di dada. Perlahan tarik lutut ke dada Anda, jaga agar lutut tetap tertekuk pada posisi 90 derajat, sampai bokong dan tulang ekor Anda terangkat dari lantai. Tahan posisi sejenak dan turunkan perlahan. Lakukan 12 x.

Sit Up Sepeda : Caranya: Berbaringlah dengan lutut tertekuk dan kaki menapak pada lantai. Letakkan tangan Anda di belakang kepala untuk menopang kepala dengan jari-jari tanpa menarik. Tarik lutut kiri Anda ke arah dada, sambil mengangkat dan memutar badan hingga lutut kiri bertemu dengan siku lengan kanan. Lakukan pada sisi yang lain secara bergantian, satu sampai tiga set, masing-masing 12 sampai 16 pengulangan.

Posisi Plank : Caranya: Posisikan badan lurus dan menelungkup ke arah lantai, dengan bertumpu pada lengan bawah dan jari kaki. Jaga agar tungkai serta badan tetap lurus dan pinggul terangkat, sehingga kepala sampai kaki berada pada satu garis lurus. Bahu Anda harus berada tegak lurus di atas siku. Fokuslah pada otot perut Anda selama gerakan ini. Tahan posisi ini selama 5 sampai 10 detik dan ulangi 8 sampai 10 kali. Posisi plank sangat efektif mengencangkan perut Anda

Side Plank : Caranya: Posisikan tubuh Anda miring dengan bertumpu pada salah satu siku dan lengan bawah. Bahu Anda harus berada tegak lurus di atas siku. Luruskan tungkai dan angkat pinggul Anda, sehingga kepala hingga kaki berada pada satu garis lurus. Jaga agar posisi leher Anda tetap searah dengan sumbu badan, sehingga ada jarak antara telinga dan bahu. Tahan posisi ini selama 5 sampai 10 detik dan ulangi 8 sampai 10 kali. Lakukan gerakan yang sama pada sisi yang lain.

Daftar Makanan Yang Dapat Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Cocok Untuk Pria Maupun Wanita

1. Buncis

Buncis merupakan sayuran yang mengandung protein yang banyak memiliki kandungan Flavanoid. Kandungan antioksidan tinggi ternyata baik untuk kesehatan dan dapat membantu mengurangi volume lemak pada perut. Biasanya sayuran ini dimasak dengan ditumis, namun pemilihan minyak untuk menumis harus tepat, usahakan untuk menggunakan minyak goreng rendah lemak atau minyak zaitun.

2. Semangka

Ternyata buah semangka sangat bermanfaat untuk mengecilkan perut buncit. Buah semangka mengandung serat dan membantu proses detoksifikasi pada tubuh kita.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan rendah lemak, dan juga efektif untuk membersihkan saluran pencernaan. Sehingga memudahkan sisa pembuangan untuk keluar dan meningkatkan kerja usus dalam penyerapan makanan yang masuk.

4. Jeruk nipis dan lemon

Dua buah dari jenis jeruk ini sangatlah ampuh untuk mengecilkan perut buncit. Konsumsi perasan jeruk ditambah dengan segelas air hangat di pagi hari akan membantu tubuh kita untuk mendetoksifikasi racun dan lemak yang menumpuk diperut. Jeruk dan lemon juga akan membantu melancarkan sulit buang air besar.

5. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan adalah kacang kedelai, kacang polong, kacang almond, kaca mete dan kacang merah.

6. Pepaya dan Apel

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pepaya dan apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi dalam program diet. Selain mengenyangkan, kedua buah ini juga memiliki banyak serat. Buat kamu yang mengalami sembelit dan sudah buang air besar konsumsi buah ini dalam jumlah banyak dan rutin. Berdasarkan pengalaman pribadi, jika hari ini makan banyak pepaya, besok paginya kita akan mudah untuk mengeluarkan sisa pencernaan dalam jumlah banyak. Perut yang sebelumnya terasa berat menjadi lebih ringan.

7. Green Coffee

Pernah mendengar green coffee? green coffee merupakan kopi yang belum di sangrai. Konon kandungan dalam biji kopi hijau memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Baca selengkapnya di artikel mengenai manfaat green coffee.

Tapi perlu diperhatikan bahwa banyak orang yang mengkonsumsi obat untuk mengecilkan perut buncit. Perlu diketahui, bahwa penggunaan obat untuk mengecilkan perut seperti ini biasanya efeknya tidak lama. Jika kita berhentu mengkonsumsi obat, kadang nafsu makan kita kembali meledak dan tidak terkontrol sehingga badan bisa kembali lebar bahkan lebih besar.

2017-08-28T08:04:35+00:00