Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru dan Jenis-Jenisnya

Cara mencegah penyakit paru-paru. Organ paru-paru termasuk organ vital bagi tubuh manusia, sebab fungsinya yaitu sebagai media pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Maka dari itu, jika kesehatan organ ini tidak terjaga, Anda dapat terserang penyakit. Terdapat beberapa jenis penyakit yang menyerang paru-paru, seperti Bronkhitis, TBC hingga kanker yang wajib diwaspadai. Sebab beberapa penyakit paru-partu tersebut ada yang bisa menular, dan mematikan.

Jenis-Jenis Penyakit Paru-Paru

Untuk mengetahui cara mencegah penyakit paru-paru, sebaiknya ketahui terlebih dulu penjelasan mengenai jenis-jenis penyakit paru-paru seperti di bawah ini :

  • Kanker Paru-Paru

Merupakan salah satu penyakit paru-paru yang berbahaya dan mematikan. Dimana resiko terburuk dari penyakit ini yaitu kematian, jika penyakitnya sudah semakin parah. Penyakit ini biasanya disebabkan akibat merokok. Maka dari itu, untuk Anda perokok sebaiknya harus waspada dan mengehntikan pola hidup yang tidak sehat jika tak ingin mengalami penyakit ini. Tak hanya bagi perokok aktif saja, tetapi perokok pasit juga bisa berisiko mengalami kanker paru-paru. Gejala yang menyertai biasanya seperti batuk berdahak, sakit dada, sesak nafas hingga nafsu makan berkurang. Solusinya pasien kanker paru-paru ini mesti mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan antioksidan serta berhenti merokok.

Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru dan Jenis-Jenisnya

Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru dan Jenis-Jenisnya

  • Bronkitis

Penyakit ini merupakan peradangan di area bronkus. Umumnya penyebabnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di paru-paru. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh polutan udara atau debu dan merokok. Adapun gejala umumnya yaitu batuk disertai demam.

  • Tuberkulosis (TBC)

Penyakit TBC termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan menular. Penularannya dapat terjadi lewat percikan ludah penderita ketika sedang batuk atau bersin. TBC termasuk jenis penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh jenis bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis. Biasanya penderita TBC ini ditandai dengan batuk berdahak selama 3 minggu lebih.

  • Asma

Merupakan penyakit paling umum bagi masyarakat Indonesia khususnya. Dimana penyebabnya yaitu penyempitan saluran pernafasan sementara. Hal inilah yang membuat pasien penderita asma mengalami gejala sesak nafas. Penyakit ini umumnya dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi, asma juga dapat terjadi dikarenakan perubahan suhu, ketegangan emosi atau aktivitas yang berlebihan.

  • Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit yang disebbakan oleh infeksi di parenkim atau jaringan paru. Dimana infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri atau virus. Akan tetapi, penyakit ini paling umum terjadi dikarenakan infeksi dari bakteri bernama streptokokus dan Mycoplasma pneumonia. Gejala paling umum yaitu batuk berdahak dengan warna kuning dan kental.

Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru

Jenis-jenis penyakit paru-paru di atas tentunya harus diwaspadai dan perlu cara mencegah penyakit paru paru. Umumnya kesehatan organ paru-paru dapat dijaga dengan cara menghindari paparan dari zat klorin. Biasanya zat tersebut terdapat dalam asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Selain itu, Anda pun harus tetap waspada saat mengonsumsi air keran, sebab zat klorin kebanyakan terdapat pada air keran. Solusinya yaitu dengan cara memasang filter di keran.

Cara mencegah penyakit paru paru berikutnya yaitu dengan cara mengurangi asupan makanan yang menyebabkan lendir. Misalnya saja cokelat atau berbagai macam makanan lain dengan kandungan gula berlebih. Tak hanya itu saja, alangkah baiknya untuk tidak terlalu sering memakan makanan atau minuman yang dingin sebab jaringan organ paru sendiri amat sensitive terhadap paparan suhu dingin. Jika ingin terhindar dari gangguan paru-paru, maka Anda dapat mengoptimalkan pernafasan pada hidung sebab di bagian hidung ada yang namanya filter yang berfungsi menyaring udara masuk ke hidung.

Anda juga perlu menghindari pikiran yang terlalu berat dan stress. Sebab stress termasuk akar permasalahan pemicu berbagai jenis penyakit, tak terkecuali penyakit yang menyerang bagian paru-paru. Demikian penjelasan singkat tentang berbagai jenis penyakit paru-paru serta cara mencegah penyakit paru-paru yang perlu Anda ketahui.. Dengan mengetahui gejala, jenis-jenis dan cara pencegahan penyakit paru-paru ini, Anda bisa terhindar dari masalah kesehatan yang menyerang organ paru. Pastikan pula untuk selalu menjalankan pola hidup yang sehat supaya kondisi kesehatan organ paru-paru Anda dapat terjaga. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda!

2017-05-01T09:43:18+00:00