Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat, Sehat dan Alami

Berat Badan anda akan bertambah tanpa harus mengkonsumsi suplemen khusus. Sebab, hanya melakukan cara berikut berat badan akan naik dengan sendirinya. Jika untuk mendapatkan berat badan ideal dapat dilakukan dengan cepat salah satunya dengan diet, tentu saja ada juga cara menggemukan badan atau menambah berat badan dapat dilakukan hanya dalam 1 minggu. Tentunya anda melakukannya dengan benar dan rutin. Bukan rahasia lagi bila berat badan ideal banyak disukai orang, dan cara mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional adalah keinginan semua orang, bagi yang kelebihan berat badan biasanya akan melakukan diet, begitu pula sebaliknya. Menaikkan berat badan bukanlah sesuatu yang sulit jika Anda mengetahui hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapainya dan juga apa saja yang menyebabkan berat badan Anda sulit naik, yang mungkin bisa dicarikan solusinya.

Mayoritas setiap orang ingin yang serba cepat dan singkat untuk mendapatkan sesuatu, termasuk untuk mendapatkan berat badan ideal. Jika Anda ingin menggemukan badan secara singkat dalam waktu 1 minggu, sebaiknya melakukannya secara alami tanpa menggunakan obat penggemuk badan, melainkan anda dapat menggunakan cara menambah berat badan cepat, sehat, dan alami berikut ini. Cara alami umumnya tidak beresiko efek samping, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Di bawah ini kami akan membahas berbagai cara untuk menggemukan badan dalam 1 minggu yang bisa dilakukan dan berbagai penyebab mengapa berat badan sulit naik.

Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat, Sehat dan Alami

Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat, Sehat dan Alami

 

Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat, Sehat dan Alami

 

Tingkatkan porsi makan: Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk menambah berat badan. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak asupan untuk membentuk tubuh yang berisi. Anda juga dapat untuk makan lebih sering, misal sebelumnya makan hanya 3 kali sehari dan dalam porsi yang kecil, maka Anda bisa ditingkatkan lagi menjadi 4-5 kali.

Minum susu secara rutin : Biasakanlah minum susu walaupun sudah beranjak dewasa. Hal ini karena susu selain sehat juga dapat menambah berat badan. Disarankan untuk minum susu 2 kali sehari. Susu termasuk penting yang harus kita konsumsi, karena termasuk kedalam kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna.

Olahraga teratur : Walaupun mengkonsumsi banyak makanan sehat dan melakukan semua cara untuk menambah berat badan, namun jarang berolahraga, maka usaha yang telah dilakukan pun bisa terbilang sia- sia. Semua cara menambah berat badan harus perlu diimbangi dengan aktivitas olahraga secara teratur.

Berhenti merokok dari sekarang : Bagi para perokok aktif, mungkin tubuh kurus disebabkan karena kebiasaan merokok. Hal ini karena rokok sama halnya dengan kafein yang membuat menjadi kurang nafsu makan dan merusak fungsi organ-organ lainnya dalam tubuh. Alangkah baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan merokok. Selain dapat membahayakan diri sendiri, merokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar bila asapnya terhirup dapat mengakibatkan asma.

No kafein : Anda harus berpikir ulang untuk mengkonsumsi kafein dalam menjalankan program untuk menambah berat badan. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi bertindak sebagai penahan nafsu makan. Kandungan asam dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung yang pada ada akhirnya meningkatkan resiko terjadinya sakit maag yang semakin dapat membuat tubuh mengalami kesulitan untuk makan.

Tiadakan begadang : Apabila berniat untuk menambah berat badan, maka diharuskan untuk menghilangkan kebiasaan begadang, kecuali ada hal yang penting yang harus dilakukan. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup terutama pada malam hari. Pada malam hari adalah saat tubuh beristirahat setelah beraktivitas seharian. Dengan beristirahat pada malam hari, tubuh akan memulihkan kondisi dan memperbaiki fungsi organnya.

Cukupi lemak sehat : Sumber lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6. Sumber lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan dan kacang kenari. Sedangkan sumber lemak omega-6 dapat diperoleh dari minyak sayur seperti kelapa, minyak biji matahari, jagung.

Vitamin juga penting : Sumber vitamin dapat diperoleh dari berbagai aneka buah-buahan, seperti : stroberi yang mengandung vitamin C atau pisang yang kaya akan kandungan vitamin E.

Cukupi mineral : Sumber mineral dapat diperoleh dari buah-buahan, susu, keju, sayuran, daging merah, serta kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Jangan lupakan protein : Sumber protein yang sehat dapat berasal dari daging ayam, ikan, dan kacang-kacangan yang dapat untuk mencukupi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh.

Perbanyak karbohidrat : Berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, seperti : buah-buahan, sayuran, nasi merah dan makanan yang berbahan dasar dari gandum seperti sereal dan roti. Makanan berbahan dasar gandum merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perbanyak minum air putih : Hal yang mungkin dianggap sepele seperti minum air. Banyak orang yang tidak mementingkan minum air putih dan mereka biasanya lebih memilih untuk minum minuman yang bersoda seperti minuman suplement tubuh dan sebagainya. Padahal mengkonsumsi minuman bersoda secara tidak langsung tubuh akan rusak karena di dalam minuman bersoda terdapat zat kimia yang mungkin dapat berbahaya bagi tubuh. Mulai dari sekarang, biasakanlah untuk minum air putih terutama pada saat pagi hari. Semakin banyak mengkonsumsi air putih maka tubuh akan semakin sehat dan pada akhirnya proses pencernaan dalam tubuh pun membaik sehingga dapat lebih menyerap gizi makanan secara sempurna. Disarankan untuk tidak terlalu berlebih dalam mengkonsumsi air putih, cukup 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi.

 

Tambahkan kalori yang sehat : Tanpa harus mengubah pola makan secara radikal, Anda dapat meningkatkan asupan kalori dengan menambahkan ekstra kacang-kacangan, susu full cream, alpukat, telur atau gandum utuh ke dalam menu harian Anda.

Pilih makanan padat gizi : Alih-alih makan junk food, fokuslah pada makanan yang kaya nutrisi seperti daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan keju. Pilih sumber karbohidrat rendah glikemik seperti beras merah dan biji-bijian.

Ngemil juga penting : Ada baiknya Anda ngemil di antara waktu sarapan dengan makan siang dan antara makan siang dengan makan malam. Pilih camilan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat sehat seperti protein bar,kacang rebus atau minum milk shake buatan sendiri.

Latihan beban : Latihan aerobik dapat membantu membakar kalori menurunkan berat badan. Sebaliknya, latihan beban dan yoga dapat membantu menaikkan berat dengan cara membangun otot-otot Anda. Walhasil, tubuh Anda jadi nampak lebih kencang dan berisi. Sebelum memulai program menaikkan berat badan, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda. Tubuh yang kurus mungkin berarti ada masalah kesehatan yang tidak bisa dikoreksi oleh perubahan pola makan. Dokter membantu Anda melacak kemajuan program “menjadi lebih gemuk”.

 

Apa Penyebab berat badan rendah ?

Berat badan kurang dari ukuran normal standar kesehatan bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Sebelumnya penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang berpenampilan kurus, menderita masalah kesehatan yang harus ditangani.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab seseorang berberat badan rendah menurut situs kesehatan Family Doctor yang dikelola oleh American Academy of Family Physicians:

• Genetika

Jika Anda sudah berbadan ‘tipis’ sejak SMA dan rata-rata keluarga Anda juga demikian, kemungkinan memang Anda dilahirkan dengan metabolisme yang lebih tinggi dari orang kebanyakan. Secara alami, mungkin Anda juga memiliki nafsu makan kurang dari orang lain.

• Aktivitas fisik tinggi

Latihan dan aktivitas fisik dapat memengaruhi berat badan Anda. Jika Anda sering bergerak berarti Anda membakar lebih banyak kalori daripada orang yang lebih banyak duduk. Artinya,metabolisme Anda lebih tinggi dan tubuh Anda cenderung lebih langsing.

• Penyakit

Sakit dapat memengaruhi nafsu makan serta kemampuan tubuh Anda untuk mengelola makanan.

Jika Anda baru saja kehilangan banyak berat badan tanpa diet atau olahraga, itu mungkin merupakan tanda adanya penyakit seperti masalah tiroid, diabetes, penyakit pencernaan atau bahkan kanker.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang penurunan berat badan Anda yang banyak dan mendadak.

• Obat

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mual dan muntah. Beberapa jenis pengobatan, seperti kemoterapi juga dapat mengurangi nafsu makan.

• Masalah psikologis

Faktor-faktor seperti stres dan depresi dapat mengganggu kebiasaan makan yang sehat. Rasa tidak peecaya diri juga dapat menyebabkan gangguan makan. Jika Anda menderita masalah emosional yang merusak kebiasaan makan yang sehat, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

 

Ketahui berat badan ideal anda dengan rumus ini :

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

NBProsentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Kedua rumus di atas bisa anda jadikan acuan sebagai cara menghitung berat badan ideal anda. Pentingnya mengetahui berat ideal tersebut tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan anda. Karena seperti kita ketahui jika berat badan berlebihan itu tidak baik buat kesehatan demikian juga sebaliknya bagi yang kurang. Semoga informasi ini bermanfaat.

2017-09-19T17:21:02+00:00