5 Jenis Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan Wajib Anda Ketahui

Bagi Anda yang bermata pencaharian sebagai petani atau yang gemar berkebun, perlu mengetahui macam-macam hama dan penyakit pada tumbuhan. Hal tersebut tentunya sangat penting untuk menanggulangi munculnya hama dan penyakit tersebut, sehingga tumbuhan pun bisa tumbuh kembang secara maksimal dengan kualitas unggul. Pada pertumbuhannya, tanaman kerap kali memperoleh berbagai gangguan yang ada di sekitar lingkungan, seperti serangan gulma, penyakit dan hama. Dimana hama adalah sejenis pengganggu tanaman. Saat tanaman terserang oleh hama, maka tanaman tersebut bisa rusak atau bahkan mati.

Macam-Macam Hama Pada Tumbuhan

 

Hama merupakan hewan yang dapat merusak tanaman maupun hasil tanaman akibat aktivitas hidupnya, khususnya aktivitas demi memperoleh tempat tinggal dan makanan. Ada beberapa macam hama dan penyakit pada tumbuhan yang perlu Anda ketahui supaya bisa menanggulangi kedua gangguan tersebut. Di bawah ini beberapa macam hama pada tumbuhan :

  1. Gangsir

Adalah binatang yang kerap kali menyerang tanaman usia masih muda, seperti tanaman yang belum lama dipindahkan dari media persemaian. Gigitan dari gangsir ini bisa mengakibatkan tanaman mati sebab batangnya patah atau putus. Potongan pada pangkal batang tersebut itulah umumnya tak dimakan, hanya diputus saja. Biasanya serangan gangsir ini terjadi di malam hari. Hewan ini membuat liang di tanah hingga kedalaman sekitar 90 cm, yang memiliki ciri khas terdapat onggokan tanah pada permukaan liang. Adapun pencegahannya bisa dilakukan dengan cara tak menanam bibit dengan usia terlalu muda sebab lebih disukai oleh gangsir.

  1. Wereng

Wereng merupakan sejenis kepik dan dapat menyerang tumbuhan serta  bisa mengakibatkan batang dan daun berlubang-lubang. Bila serangannya parah, dengan begitu daun pun akan kering, menguning bahkan mati. Hewan ini bisa dikendalikan dengan proses kimiawi, seperti lewat penyemprotan memakai insektisida. Untuk menyemprot pestisida sendiri harus memakai baju berlengan panjang, topi, masker, sarung tangan serta diupayakan tak melawan arah mata angin.

  1. Tikus

Tikus dapat menyerang berbagai macam tumbuhan. Dimana bagian tanaman yang diserang sendiri, tak hanya berbentuk biji-bijian saja melainkan juga bagian batang muda. Adapun untuk mengatasi terjadinya serangan dari hama tikus ini bisa dilakukan memakai musuh alami dari tikus, yakni ular, memakai rodentisida dan menanam serentak.

  1. Walang Sangit

Adalah serangga sebagai hama pada tanaman pada. Tiap kali bertelur, biasanya serangga betina bisa menghasilkan hingga 100-200 butir telur. Dimana telur-telur itu diletakkan di daun bendera tanaman padi.

  1. Tungau

Tungau umumnya ada di bagian bawah daun yang nantinya mengisap daun, sehingga pada daun pun muncul bercak-bercak berukuran kecil. Adapun untuk mengatasi daun tersebut dengan mengumpulkan bagian daun yang telah terserang dan dibakar. Dimana hama tersebut biasanya terdapat banyak di musim kemarau.

Penyakit Pada Tumbuhan

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

Selain hama, gangguan yang bisa mengganggu sistem pertumbuhan tanaman juga bisa disebabkan oleh munculnya berbagai macam penyakit. Berikut beberapa hama dan penyakit pada tumbuhan yang wajib Anda waspadai :

  1. TMV

Virus TMV atau Tobacco Mozaic Virus yang biasanya menyerang jenis tanaman tembakau. Dimana daun tembakau yang sudah terserang jenis virus TMV ini berubah warnanya menjadi hijau muda hingga hijau tua belang. Selain itu, ukuran daun pun lebih kecil jika dibandingkan ukuran daun yang normal. BIla tanaman muda telah terserang virus ini, maka pertumbuhan pada tanaman akan terhambat bahkan kerdil.

  1. CVPD

CVPD atau Citrus Vein Phloem Degenetation, yaitu penyakit yang dapat merusak bagian pembuluh tapis pada batang tanaman jeruk. Dimana penyakit ini biasanya diakibatkan oleh virus.

  1. Penyakit Virus Belang

BIasanya penyakit ini menyerang jenis tanaman kedelai. Adapun penyebabnya yaitu virus dapat menyebar lewat perantara angin.

  1. Penyakit Rebah Kecambah

Jenis penuakit tersebut diakibatkan oleh adanya jamur bernama Pythium debaryanum yang mengakibatkan pembusukan pada kecambah. Terjadinya pembusukan pada bagian akar bisa mengakibatkan rebah hingga ke tanah.

  1. Embun Tepung

Disebabkan oleh adanya jamur yang bernama Perorospora parastica. Dimana jamur ini menyerang bagian biji baru yang belum mempunyai daun pertama. Bila tidak menyebabkan kematian, biasanya tanaman pun akan tumbuh kerdil dengan produktivitas yang rendah.

Demikian 5 jenis hama dan penyakit pada tumbuhan yang wajib dikendalikan untuk kualitas pertumbuhan pada tanaman yang Anda tanam!

2017-05-12T04:07:32+00:00