4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Jantung Dengan Cepat

Cara mengatasi sesak nafas karena jantung. Jika umumnya sesak nafas disebabkan oleh gangguan maag, tapi sebenarnya gejala sesak nafas pun bisa muncul akibat penyakit jantung. Jikka hal ini terjadi, Anda harus mewaspadainya. Untuk itu, amat penting mengetahui gejala sesak nafas akibat penyakit jantung serta pengobatan paling tepat untuk dilakukan. Seperti kita ketahui organ jantung sendiri berfungsi untuk memompa darah, sebab jika mempunyai gangguan jantung maka kinerja jantung pun mengalami kerusakan. Dengan begitu, aliran yang semestinya menyebarkan darah akan tersumbat.

Jika terjadi hal seperti di atas, tentunya bisa mengakibatkan fungsi organ paru-paru akan mengalami gangguan serta timbul sesak nafas ketika beraktivitas. Biasanya cara yang paling mudah yaitu harus melakukan istirahat total. Selain itu, gejala sesak nafas akibat jantung tersebut tak bisa dianggap sepele. Sebab jika dibiarkan, kondisi jantung bisa semakin berbahaya.

Gejala Sesak Nafas Akibat Jantung

4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Jantung Dengan Cepat

4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Jantung Dengan Cepat

Terdapat beberapa macam gejala yang menandakan seseorang tengah mengalami sesak nafas akibat jantung, misalnya saja disertai rasa sakit pada bagian kepala sampai dada yang terasa begitu beratdan tertekan. Selain itu, lebih parahnya seperti sedang tertindih. Bila kondisi sudah begitu parah, umumnya disertai dengan kucuran keringan berlebih. Hal tersebut disebabkan organ jantung berusaha ekstra memompa darah, dengan begitu diperlukan tenaga berlebih hingga keluarlah keringat yang berlebih.

Selain itu, penderita sesak nafas akibat jantung harus waspada sebab ibasanya ditandai juga dengan nyeri di area lengan, rahang dan tenggorokan seperti nyeri pada bagian dada. Tak hanya itu saja, ciri-ciri yang lainnya disertai dengan detak jantung tak beraturan, yang umumnya lebih cepat dibandingkan keadaan normal.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Jantung Dengan Mudah

Jika sesak nafas terjadi, maka harus diatasi dengan segera sebab bisa mengakibatkan hal-hal tak diinginkan terjadi, seperti kejang-kejang hingga gagal nafas sampai menyebabkan kematian. Adapun beberapa cara mengatasi sesak nafas karena jantung sebagai pertolongan pertama pada penderita berikut ini :

  1. Berikan Lingkungan Tenang dan Nyaman

Bila ada keluarga atau kerabat yang mengalami terjadinya sesak nafas, sebaiknya berikan lingkungan tenang dan nyaman pada pasien, jangan sampai penderita dikerumuni banyak orang. Sebab jika pasien dikerumuni banyak orang, maka udara pun menjadi pengap sehingga oksigen yang terhirup lebih sedikit dan bisa memperparah sesak nafas.

  1. Letakkan Dalam Posisi Setengah Duduk

Cara mengatasi sesak nafas karena jantung berikutnya yaitu dengan menempatkan pasien dengan posisi setengah duduk diberi bantal. Dengan posisi ini, maka akan membantu organ paru pasien lebih mudah mengembang, sampai oksigen pun masuk dengan maksimal.

  1. Atur Nafas Panjang dan Dalam

Untuk Anda yang mengalami sesak nafas akibat jantung, coba atur nafas panjang dan dalam. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan pasien atau penderita jantung tersebut jika pasien adalah orang terdekat Anda. Adapun cara melakukan hal tersebut dengan meminta pasien menarik nafas hinga sedalam mungkin lalu instruksikan agar menahan nafasnya hingga 3 detik, selanjutnya minta pasien menghembuskan nafasnya lewat mulut dengan perlahan. Dimana hal tersebut juga dapat digunakan sebagai teknik relaksasi bila Anda mengalami stress.

  1. Pertolongan Tenaga Medis

Jika sesak nafas tak bisa diatasi dengan segera, sebaiknya langsung dibawa ke puskesmas atau tenaga medis agar pasien mendapat penanganan yang lebih lanjut.. Biasanya pertolongan tersebut dengan pemberian oksigen.

Adapun hal yang tak bisa dilakukan saat seseorang mengalami sesak nafas yaitu jangan memberikan minuman atau makanan pada pasien, jangan memindahkan pasien bila pasien tersebut mempunyai luka di area saluran pernafasan atau dada, jangan menempatkan bantal di bagian bawah kepala penderita sebab bisa mengakibatkan saluran nafas menjadi tertutup, dan jangan menunggu jika kondisi semakin membaik sebelum memperoleh tenaga medis.

Sesak nafas akibat penyakit jantung memang berbahaya, untuk itu bagi Anda maupun orang terdekat yang mengalami penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda tidak melakukan pekerjaan yang memberatkan atau tidak stress. Sebab biasanya pikiran dan beban pekerjaan yang banyak bisa mengakibatkan timbulnya sesak nafas karena serangan jantung. Demikian cara mengatasi sesak nafas karena jantung dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat!

2017-05-01T09:46:57+00:00